LK.2.4 FAKTOR-FAKTOR PEMEROLEHAN BAHASA ANAK
Faktor-Faktor
yang Memengaruhi Pemerolehan Bahasa Anak
1. Faktor biologis yang menentukan anak dapat memperoleh kemampuan
bahasanya ada tiga, yaitu otak (sistem syaraf pusat), alat dengar, dan alat
ucap.
2. Faktor
Lingkungan Sosial. Untuk memperoleh kemampuan berbahasa, seorang anak
memerlukan orang lain untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Bahasa yang
diperoleh anak tidak diwariskan secara genetis atau keturunan, tetapi didapat
dalam lingkungan yang menggunakan bahasa.
3. Faktor
Intelegensi.Intelengesi adalah daya atau kemampuan anak dalam berpikir atau
bernalar atau kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Intelengesi
ini bersifat abstrak dan tak dapat diamati secara langsung.
4. Faktor
Motivasi. Sumber motivasi pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu motivasi dari
dalam atau internal dan motivasi dari luar diri atau eksternal. Dia belajar
bahasa karena kebutuhan dasar yang bersifat, seperti lapar, haus, serta perlu
perhatian dan kasih sayang. Inilah yang disebut motivasi intrinsik yang berasal
dari dalam diri anak sendiri. Untuk itu mereka juga memerlukan komunikasi
dengan sekitarnya sebagai faktor eksternal.
Namun,
hal-hal di atas juga harus didukung oleh faktor lain yang tak kalah penting
yaitu faktor sosial. Faktor sosial ini masih dibedakan menjadi dua hal. Yang
pertama adalah situasi natural. Yang kedua adalah situasi di dalam kelas.
Seorang anak lebih mudah belajar bahasa asing dalam situasi yang sangat alami
misalnya dalam situasi bermain. Bagi anak-anak beradaptasi dengan lingkungan
baru akan lebih mudah jika dibandingkan dengan orang dewasa.
Di
dalam proses pembelajaran bahasa dikenal pula istilah Hipotesis Umur Kritis (Critical
Age Hypothesis). Hipotesis ini mempertimbangkan usia sebagai faktor untuk
mencapai kemampuan berbahasa. Menurut Lenneberg (1967), usia 2 sampai dengan 12
tahun merupakan usia yang sangat ideal untuk mencapai kemampuan berbahasa
seperti penutur asli, sedangkan menurut Kresen (1972) usia yang ideal untuk
belajar bahasa adalah di bawah lima tahun.
Jadi,
benarkah anak-anak lebih unggul daripada orang dewasa dalam proses pembelajaran
bahasa asing? Jawabannya bergantung pada faktor mana yang paling berpengaruh
dan dalam situasi apa mereka belajar.
Komentar
Posting Komentar