LK.04 PEDAGOGIK
LK
04 Tindak Lanjut Refleksi Pembelajaran Melalui PTK
a. a.
Judul PTK:
Peningkatan
Prestasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan
soal Cerita Perbandingan Mata
Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain
Kartu Soal Siswa Kelas
VI SD Negeri 2 Rempe Tahun
Pelajaran 2017/2018
b. Masalah
yang dipecahkan dalam PTK:
Mengerjakan
soal Cerita Perbandingan Mata
Pelajaran Matematika
c. Tindakan
yang diterapkan dalam memecahkan masalah:
Melalui
Metode Bermain Kartu Soal
d.
Rumusan Masalah dalam PTK:
Apakah penggunaan metode bermain kartu soal dalam
mengerjakan soal cerita perbandingan
pada
mata pelajaran matematika dapat
meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas VI SD Negeri 2 Rempe
Kabupaten Sumbawa Barat tahun pelajaran 2017/2018?”
e.
Tujuan dan Mamfaat
a. Tujuan
Penelitian
Dari
latar belakang dan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah dapat meningkatkan:
1. kemampuan
siswa memahami soal cerita;
2. kemampuan siswa mengerjakan soal cerita;
3. nilai
mata pelajaran matematika;
4. prestasi
belajar matematika siswa.
b.
Manfaat Penelitian
1. Manfaat
teoritis, dapat:
a. Dijadikan alternatif metode yang
dapat digunakan dalam pembelajaran matematika;
b. mendukung kegiatan belajar tuntas.
2. Manfaat
praktis
Dengan
menggunakan metode bermain kartu soal, peserta didik akan mahir dalam
menyelesaikan soal cerita.
3. Manfaat
bagi guru
a. Sebagai masukan bagi para guru dalam
melaksanakan pembelajaran secara variatif guna memaksimalkan kemampuan peserta
didik;
b. pembelajaran di kelas lebih aktif,
kreatif dan menyenangkan
4. Manfaat
bagi sekolah
a. Meningkatkan
perolehan nilai rata–rata ujian sekolah;
b. meningkatkan peringkat sekolah di
wilayahnya.
f.
Kajian Pustaka:
1.Hakikat
Matematika
2.Soal
Cerita
g.
Hipotesis Tindakan:
Jika
model pembelajaran dengan menggunakan kartu soal diduga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD
Negeri 2 Rempe Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam mengerjakan soal cerita perbandingan pada mata pelajaran Matematika
h.
Rencana Pelaksanaan PTK: Dilaksanakan 2
bulan yaitu Bulan Maret – April 2018
i.
Tempat Pelaksanaan: SDN 2 Rempe
j.
Subyek Penelitian:
Kelas
VI SdN 2 Rempe
k.
Desain Penelitian:
Penelitian tindakan kelas ini
direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri
dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan,
(3) observasi dan (4)
refleksi.
l.
Teknik Pengumpulan Data: Ada 2 cara
Data yang dikumpulkan dikoleksikan dengan cara:
1.Obervasi proses pembelajaran (dilakukan oleh peneliti dan
observer)
2.Latihan soal atau evaluasi belajar siswa
3.Refleksi atau diskusi singkat bermuat
m.
Instrumen PTK:
Beberapa instrumen yang diperlukan untuk mendukung
kegiatan pengumpulan data adalah:
-
Lembar
observasi minat belajar siswa
-
Tes
atau soal-soal
-
Lembar
observasi kegiatan guru
-
Pedoman
wawancara
n.
Teknis Analisis Data:
Langkah–langkah yang ditempuh dalam menganlisis data yang
telah terkumpul adalah sebagai berikut:
-
Merangkum
catatan selama proses pembelajaran
-
Berdialog
dengan beberapa siswa secara random
(jika diperlukan)
-
Berdiskusi dengan teman sejawat tentang beberapa data
pendukung
-
Melakukan
refleksi atas apa yang telah dilaksanakan (apa, mengapa serta dampaknya)
-
Merangkum
hasil perbaikan (melihat kembali apa yang telah atau apa yang belum tercapai )
-
Merangkum
atau melakukan analisis faktor penyebab belum tercapainya
Komentar
Posting Komentar