LK.04 PEDAGOGIK

LK 04 Tindak Lanjut Refleksi Pembelajaran Melalui PTK
a.          a.       Judul PTK:
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan soal Cerita Perbandingan Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Rempe Tahun Pelajaran 2017/2018
b.      Masalah yang dipecahkan dalam PTK:
Mengerjakan soal Cerita Perbandingan Mata Pelajaran Matematika
c.       Tindakan yang diterapkan dalam memecahkan masalah:
Melalui Metode Bermain Kartu Soal
d.      Rumusan Masalah dalam PTK:
Apakah penggunaan metode bermain kartu soal dalam mengerjakan soal cerita perbandingan pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi  belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Rempe Kabupaten Sumbawa Barat tahun pelajaran 2017/2018?”

e.       Tujuan dan Mamfaat
a.       Tujuan Penelitian
Dari latar belakang dan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian  ini adalah dapat meningkatkan:
1.     kemampuan siswa memahami soal cerita;
2.     kemampuan siswa mengerjakan soal cerita;
3.     nilai mata pelajaran matematika;
4.     prestasi belajar matematika siswa.
b.       Manfaat  Penelitian
1.      Manfaat teoritis, dapat:
a.       Dijadikan alternatif metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika;
b.      mendukung kegiatan belajar tuntas.
2.      Manfaat praktis
Dengan menggunakan metode bermain kartu soal, peserta didik akan mahir dalam menyelesaikan soal cerita.
3.      Manfaat bagi guru
a.       Sebagai masukan bagi para guru dalam melaksanakan pembelajaran secara variatif guna memaksimalkan kemampuan peserta didik;
b.      pembelajaran di kelas lebih aktif, kreatif dan menyenangkan

4.      Manfaat bagi sekolah
a.       Meningkatkan perolehan nilai rata–rata ujian sekolah;
b.      meningkatkan peringkat sekolah di wilayahnya.
f.       Kajian Pustaka:
1.Hakikat Matematika
2.Soal Cerita
g.      Hipotesis Tindakan:
Jika model pembelajaran dengan menggunakan kartu soal diduga dapat  meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Rempe  Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam mengerjakan soal cerita perbandingan pada mata pelajaran Matematika
h.      Rencana Pelaksanaan PTK: Dilaksanakan 2 bulan yaitu Bulan Maret – April 2018
i.        Tempat Pelaksanaan: SDN 2 Rempe
j.        Subyek Penelitian:
Kelas VI SdN 2 Rempe
k.      Desain Penelitian:
Penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi.
l.        Teknik Pengumpulan Data: Ada 2 cara
Data yang dikumpulkan dikoleksikan dengan cara:
1.Obervasi proses pembelajaran (dilakukan oleh peneliti dan observer)
2.Latihan soal atau evaluasi belajar siswa
3.Refleksi atau diskusi singkat bermuat
m.    Instrumen PTK:
Beberapa instrumen yang diperlukan untuk mendukung kegiatan pengumpulan data adalah:
-          Lembar observasi minat belajar siswa
-          Tes atau soal-soal
-          Lembar observasi kegiatan guru
-          Pedoman wawancara
n.      Teknis Analisis Data:
Langkah–langkah yang ditempuh dalam menganlisis data yang telah terkumpul adalah sebagai berikut:
-          Merangkum catatan selama proses pembelajaran
-          Berdialog dengan beberapa siswa secara random (jika diperlukan)
-          Berdiskusi  dengan teman sejawat tentang beberapa data pendukung
-          Melakukan refleksi atas apa yang telah dilaksanakan (apa, mengapa serta dampaknya)
-          Merangkum hasil perbaikan (melihat kembali apa yang telah atau apa yang belum tercapai )
-          Merangkum atau melakukan analisis faktor penyebab belum tercapainya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku yang berkaitan dengan Persegi dan Belah Ketupat